Fuadhasyim’s Blog

Kesehatan reproduksi

Posted on: November 21, 2008

KESEHATAN REPRODUKSI

Organ Reproduksi

Adalah semua organ yang mendukung fungsi seksual reproduksi.

Berikut ini adalah penjelasan secara rinci organ reproduksi

I. Organ Reproduksi Perempuan

Alat reproduksi pada wanita terbagi atas :

  1. Organ Genital Luar (Eksternal)

a. Labia mayora (Bibir-bibir Besar)

Terdiri atas bagian kanan dan kiri, berbentuk lonjong dan mengecil di bawah. Terisi oleh jaringan lemak

b. Labia minora (Bibir-bibir Kecil)

Suatu lipatan tipis dari kulit sebelah dalam bibir besar. Kulit yang meliputi labia minora ini banyak mengandung kelenjar lemak dan memiliki ujung-ujung saraf yang menyebabkan bibir kecil sangat sensitive, selain itu bibir ini juga memiliki otot polos yang bisa mengembang

c. Klitoris

Kira-kira berukuran sebesar kacang ijo, tertutup oleh preputium. Glans klitoridis terdiri atas jaringan yang dapat mengembang, penuh saraf hingga amat sensitif

d. Hymen (Selaput Dara)

Mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda. Hymen ini mempunyai bentuk yang berbeda-beda dari yang semilunar (bulan sabit) sampai yang berlubang. Konsistensinya pun berbeda-beda juga, dari yang kaku sampai lunak. Hiatus himenalis atau lubang selaput dara berukuran dari yang seujung jari sampai yang mudah dilalui oleh dua jari. Umumnya hymen robek pada saat koitus. Umumnya mempunyai pori-pori untuk jalan kelaur darah menstruasi. Tapi ada beberapa wanita tidak memiliki pori-pori ini sehingga dokter harus membuat lubang pada selaput dara tersebut.

  1. Organ Genital Dalam (Internal)

a. Vagina

Adalah organ genital internal yang membedakan wanita dengan pria. Berbentuk seperti liang atau lubang yang terentang antara vulva dan mulut rahim (servik), panjangnya kira-kira 3-4 inchi dan sangat fleksibel. Bisa menampung penis yang masuk saat berhubungan sks juga sebagai jalan lahir bagi bayi yang keluar dari rahim. Bentuknya tidak lurus ke belakang tapi agak melengkung ke atas. Pada saat mengalami kenikmatan seksual, vagina terlubrikasi dengan cairan dari dinding vagina, lubrikasi ini menyebabkan penis mudah masuk ke dalam vagina. Dalam kehidupan wanita, vagina mengalami beberapa perubahan. Sebelum masa pubertas dindingnya lebih tipis dan liangnya lebih kecil. Saat pubertas vagina berkembang dan wanita mengalami perubahan hormone, vagina menjadi lebih rapat dan akan tegang bila wanita terangsang secara seksual. Saat menopause jaringan vagina akan lebih rapuh dan kurang elastis, daya lubrikasi akan menurun pada fase ini.

b. Cervik

Disebut juga leher rahim merupakan jalan masuk ke rahim atau uterus. Terletak di bagian bawah raihm, menonjol sedikit sampai ke vagina. Cervik memproduksi lender khusus yang berubah tergantung siklus menstruasi. Saat masa subur yaitu saat sel telur dilepaskan lendir yang dikeluarkan bening dan cair yang akan membantu sperma untuk berenang dan hidup di rahim. Setelah masa subur lendir menjadi keruh, kental dan lengket sehingga sperma sulit untuk masuk.

c. Uterus

Bentuknya seperti buah alpukat atau buah peer ukurannya sebesar telur ayam, dindingnya terdiri atas otot polos. Ukuran panjang uterus 7-7,5 cm, lebar di atas 5,25 cm dan tebal 2,5 cm. rongga dalamnya dibatasi jaringan bernama endometrium yang berkembang dan meluruh secara rutin sebagai bagian dari siklus menstruasi.

d. Tuba Faloppi, terdiri dari :

Pars interstisialis, bagian yang terdapat di dinding uterus

Pars ismika, bagian medial tuba yang sempit

Pars ampullaris, saluran yang terbuka, tempat konsepsi terjadi

Infundibulum, bagian ujung tuba yang terbuka kea rah abdomen dan mempunyai fimbria. Fimbria di sini berfungsi menangkap sel telur untuk menyalurkan telor ke dalam tuba.

e. Ovarium (indung telur)

Wanita mempunyai 2 ovarium kanan dan kiri, berukuran sebesar ibu jari tangan dengan ukuran panjang kira-kira 4 cm, lebar dan tebal kira-kira 1,5 cm. diperkirakan pada wanita terdapat kira-kira 100.000 folikel primer. Tiap bulan folikel akan keluar.

II. Organ Reproduksi Laki-laki

Bagian-bagian alat reproduksi laki-laki :

  1. Penis atau batang zakar berbentuk bulat panjang memiliki tekstur seperti busa yang penuh dengan rongga.
  2. Kantung zakar atau scrotum, adalah kantung lembut yang menahan dua buah testis
  3. Buah zakar, atau testis, adalah dua bola kecil berbentuk kelereng berisi sel-sel yang disebut sperma. Sperma ini mulai dihasilkan ketika anak memasuki masa pubertas, yaitu awal masa remaja.
  4. Kelenjar prostate, yaitu kelenjar yang menghasilkan cairan mani yang ikut mempengaruhi kesuburan sperma
  5. Saluran sperma atau vas deferens, yaitu saluran yang menyatukan sperma dari testis menuju ke prostat

Apa yang menandakan bahwa organ reproduksi telah matang?

Kematangan organ reproduksi ditandai dengan menarche (keluarga menstruasi pertama) pada perempuan dan ejakulasi pada laki-laki (biasanya dalam mimpi basah)

Apa itu Menstruasi?

Menstruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim karena menurunnya hormone progesterone secara tiba-tiba. Dinding rahim ini berfungsi untuk tempat menempelnya sel telur (ovum) yang sudah dibuahi oleh sperma untuk kemudian menjadi janin. Jadi menstruasi berguna untuk membersihkan dinding rahim yang tidak jadi terpakai dan untuk pembuatan dinding rahim yang baru untuk siklus menstruasi berikutnya.

Menstruasi itu suatu proses yang normal dan sehat, serta bukanlah sesuatu yang menakutkan. Menstruasi terjadi setiap bulan pada hampir semua wanita. Sebagian besar wanita mulai menstruasi di usia 10 ingga 15 tahun. Tidak ada waktu yang pasti karena menstruasi terjadi ketika ketika tubuh sudah siap. Menstruasi berlangsung selama beberapa hari biasanya antara 3 hingga 7 hari. Sebagian besar mengalami menstruasi setiap bulan

Apakah ada keluhan-keluhan ketika menstruasi?

Ada beberapa keluhan, misalnya Premenstrual Syndrome (PMS) merupakan kumpulan gejala yang dialami perempuan 1 hingga 4 hari menjelang menstruasi. Gejala ini tampak secara fisik maupun emosional. Termasuk di antaranya adalah mengerasnya payudara, perubahan mood, nyeri perut dan rasa pegal dip aha.

Selain itu juga timbul keluhan nyeri perut seperti kram pada hari pertama menstruasi. Dismenorea adalah nyeri yang sering dirasakan bersamaan dngan masa haid, nyeri biasanya dirasakan di perut bawah atau pinggang, dapat bersifat mulas-mulas, ngilu dan ditusuk-tusuk. Hal ini disebabkan oleh kontraksi rahim untuk mengeluarkan penebalan dinding rahim tadi.

Bagaimana orang tua memberi informasi mengenai menstruasi kepada anak perempuannya?

Sebaiknya peristiwa menstruasi diinformasikan kepada anak remaja sebelum anak remaja megnalami menstruasi, atau sedini mungkin. Hal ini untuk memberi waktu bagi remaja perempuan mempersiapkan diri akan peristiwa menarche yang bila tidak dipersiapkan akan memberi perasaan takut. Inforamsi sedini mungkin ini juga membantu remaja putrid untuk menerima kodratnya atau identitas seksual sebagai perempuan dan merasa bahwa menstruasi adalah hal yang alamiah dan menunjukkan bahwa dirinya sehat.

Yang juga tidak kalah pentingnya adalah, orang tua memberi penjelasan yang terinci mengenai bagaimana cara yang baik dalam menjaga kebersihan diri selama masa menstruasi maupun jika cairan vagina anak perempuannya cukup mengganggu.

Apakah Mimpi basah itu?

Kematangan organ reproduksi laki-laki ditandai dengan produksinya sperma. Produksi sperma ini dilkukan setiap saat secara terus menerus. Secara alamiah sperma akan dikeluarkan pada saat tidur dibarengi dengan mimpi erotis. Mimpi basah pada remaja laki-laki adalah ejakulasi yang tidak di sadari. Ejakulasi adalah peristiwa keluarnya sperma melalui penis. Walaupun tidak ejakulasi, sperma terus diproduksi dan dapat diserap oleh tubuh untuk dikeluarkan melalui cairan keringat dan kotoran. Ejakulasi yang terjadi saat remaja melakukan rangsangan terhadap alat kelaminnya, disebut dengan masturbasi atau onani.

Bagaimana orang tua menyikapi mimpi basah?

Pertama, orang tua menyikapi mimpi basah dengan wajar, tanpa sikap mengolok-olok. Orang tua perlu memberi kesan bahwa peristiwa mimpi basah adalah kejadian yang wajar, alamiah dan bukan sesuatu yang memalukan

MITOS DAN FAKTA SEKSUAL

Tidak dipungkiri, membicarakan permasalahan seputar seksualitas tidak pernah terlepas dari adanya “mitos dan fakta seksual”.

Mitos adalah segala sesuatu, dalam hal ini kaitannya dengan sebuah informasi, yang beredar, berkembang dan terlanjur diyakini oleh suatu masyarakat, tetapi belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Kaitannya dengan seksualitas, mitos seksual adalah segala sesuatu yang terkait dengan permasalahan seksual, yang beredar luas dalam suatu lingkungan atau masyarakat suatu daerah, sekalipun belum terbukti secara ilmiah kebenarannya tetapi terlanjur dipercaya oleh orang banyak.

Beredarnya mitos-mitos seksual di masyarakat, justru mengakibatkan pemahaman yang salah terhadap permasalahan seksualitas. Kecenderungan masyarakat kita tidak bersikap kritis, ketika mereka menerima informasi, padahal itu merupakan mitos, masyarakat menelan mentah-mentah dalam menerima informasi tersebut tanpa mempertanyakan kebenarannya. Keingintahuan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tanpa mencoba untuk bersikap kritis, dikhawatirkan masyarakat terjerumus ke dalam perilaku yang memiliki resiko tinggi akibat memilih perilaku yang hanya berupa mitos, tapi sudah berani dilakukan.

Adapun yang dimaksud dengan Fakta Seksual adalah kebalikan dari mitos. Semua informasi yang terkait dengan seksualitas yang sudah bisa dipastikan kebenarannya, dan bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah.

Berikut ini beberapa contoh Mitos dan Fakta Seksual yang sering dijumpai di masyarakat:

MITOS

FAKTA

Besar kecilnya penis berpengaruh terhadap kepuasan seks pasangnnya.

Kepuasan tergantung adanya kemampuan komunikasi diantara kedua pasangan yang melakukan hubungan seks.

Payudara besar akibat sering diremas-remas oleh pasangannya.

Besar kecilnya ukuran payudara ditentukan oleh factor genetic, asupan gizi selama masa pertumbuhan bukan karena akibat terlalu diremas

Hubungan seks pertama pada cewek selalu berdarah

Perempuan tidak harus berdarah ketika pertama kali hubungan seks. Jika permasalahan berdarah atau tidak dikaitkan dengan masalah keperawanan itu merupakan hal yang tidak benar. Berdarahnya perempuan ketika melakukan hubungan seks pertama kali lebih sering diakibatkan karena vagina perempuan tersebut mengalami perlukaan akibat tidak siap pada saat penetrasi bukan karena robeknya selaput dara.

IMS bisa diobati dengan antibiotic tanpa memeriksakan diri ke dokter

Dengan minum antibiotic untuk mengobati IMS yang diderita tanpa memeriksakan terlebih dulu ke dokter seringkali justru memperparah IMS yang diderita. Kita tidak akan pernah tahu jenis IMS yang kita derita tanpa terlebih dahulu periksa ke dokter. Yang bisa menentukan jenis obat yang sesuai dengan jenis IMS yang diderita adalah dokter.

Dorongan seks laki-laki lebih besar dari perempuan

Dorongan seks laki-laki dan perempuan sama besarnya, selama ini terkesan laki-laki mempunyai dorongan seks lebih besar dikarenakan laki-laki cenderung lebih mampu mengekspresikan apapun yang dirasakan sebaliknya dengan perempuan.

Membasuh vagina denan minuman bersoda bisa mencegah kehamilan

Sekali sperma masuk ke dalam vagina perempuan sangat kecil kemungkinan untuk bisa dikeluarkan kembali. Apalagi sekedar membasuh vagina dengan minuman bersoda tidak bisa mencegah kehamilan justru akan mengakibatkan vagina perempuan tersebut bisa mengalami iritasi

Keperawanan bisa dilihat dari cara berjalan seorang perempuan

Keperawanan hanya bisa dilihat dari masih utuh atau tidaknya selaput dara akibat hubungan seks, yang perlu diingat selaput dara bisa robek tidak hanya akibat hubungan seks

Lutut kopong berarti sudah tidak perjaka

Keperjakaan tidak bisa dilihat hanya dengan melihat fisik laki-laki. Sampai kapanpun keperjakaan tidak bisa dibuktikan kecuali laki-laki tersebut mengaku sudah tidak perjaka.

Ukuran penis pada laki-laki dewasa bisa ditambah

Setelah masa pertumbuhan selesai ukuran penis seorang laki-laki dewasa tidak bisa bertambah

Lompat-lompat setelah hubungan seks mencegah kehamilan

Ketika sperma sudah berada di dalam vagina kecil kemungkinan untuk dikeluarkan kembali, sekalipun si perempuan melompat-lompat

Kesehatan reproduksi, apa itu?

Reproduksi

Artinya menghasilkan kembali. Dalam konteks ini yang dimaksud reproduksi adalah menghasilkan keturunan alias segala sesuatu yang berkaitan dengan kehadiran manusia baru di muka bumi ini.

Sehat

Sehat tidak hanya yang berkaitan dengan fisik tapi juga psikis atau kejiwaan dan juga sosial. So, kesehatan reproduksi juga meliputi ketiga hal tersebut.

Reproduksi sehat secara fisik artinya tidak ada gangguan fisik pada organ-organ seksual yang membuat fungsi reproduksi terganggu seperti penyakit menular seksual, kelainan organ, ataupun perlakuan yang mengakibatkan gangguan fisik.

Sehat secara psikologis artinya tidak ada gangguan kejiwaan atau tekanan batin seperti perasaan bersalah/berdosa, malu, tertekan dll.

Sehat secara sosial artinya tidak melanggar norma-norma sosial atau agama yang ada di masyarakat sehubungan dengan reproduksi kita.

Masa remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Banyak perubahan yang dialami oleh seorang remaja ketika menginjak masa ini. Perubahan itu meliputi perubahan fisik, psikis dan sosial.

Perubahan-perubahan fisik pada cowok:

tumbuh kumis dan jenggot

tumbuh jakun

suara membesar

bentuk tubuh

Perubahan-perubahan fisik pada cewek:

payudara membesar

kulit lebih halus

pinggul membesar

suara melengkung.

Perubahan-perubahan itu terjadi karena diproduksinya hormon-hormon seksual yaitu testosteron pada cowok, progesteron dan estrogen pada cewek. Hormon seksual inilah yang membuat organ-organ reproduksi mulai berfungsi. Organ-organ reproduksi itu antara lain:

Pada cowok :

Penis atau batang zakar merupakan organ yang memiliki tekstur seperti busa dengan rongga yang kalau terangsang rongga-rongga itu akan terisi oleh darah sehingga penis menjadi lebih besar dan keras. Ujung penis berisi banyak syaraf sehingga sangat peka bila terkena sentuhan.

Testis atau buah zakar merupakan tempat diproduksinya sel sperma.

Scrotum adalah kantung lembut yang berfungsi menjaga suhu testis. Pada saat panas ia akan melonggar dan pada suhu rendah ia akan menkerut.

Epididimis adalah tempat dimana sel sperma mengalami pematangan.

Saluran sperma atau vas deferens adalah saluran yang mneyatukan sperma dari testis menuju prostat.

kelenjar prostat yaitu kelenjar yang menghasilkan cairan mani.

Pada cewek :

Vagina berfungsi sebagai jalan lahir bayi, tempat keluarnya darah menstruasi dan juga tempat hubungan seksual terjadi.

cerviks/leher rahim merupakan masuk ke rahim atau uterus.

uterus/rahim merupakan tempat berkembangnya janin. Berbentuk seperti buah peer terbalik. Rongga dalam dibatasi ole jaringan endometrium yang berkembang dan meluruh secara rutin sebagai bagian dari siklus menstruasi.

tuba falopi, merupakan saluran yang juga berfugsi sebagai tempat pertemuan antara sel sperma dan sel telur.

Fimbriae, berfungsi untuk menangkap sel telur yang dikeluarkan oleh indung telur.

ovarium/indung telur, berfungsi memproduksi sel telur.

Mimpi basah dan menarche merupakan penanda bahwa organ reproduksi telah matang, artinya telah siap melakukan fungsi reproduksi.karena pada kedua belah pihak telah diproduksi bibit manusia. Kematangan organ reproduksi juga dibarengi oleh timbulnya dorongan seksual yang lebih besar yang kalau tidak hati-hati bisa mengganggu perencanaan masa depan.

Pemeliharaan organ reproduksi

Cowok:

mencuci bagian luar alat kelamin dengan air dan sabun setiap selesai buang air kecil maupun besar

pilih celana dalam yang bahannya menyerap keringat

ganti celana dalam dua kali sehari

jangan bertukar celana dalam dengan orang lain walaupun hubungan sangat dekat.

Hindari pemakaian celana yang ketat.

Untuk cowok yang tidak disunat/khitan pembersihan alat kelamin haruslebih teliti karena ujung penis masih terselubungi oleh kulit.

Cukur rambut kelamin secara rutin.

Cewek:

cuci kemaluan sehabis buang air besar dan kecil dengan cebok yang benar yaitu dari depan (vagina) ke belakang (anus).

Selesai cebok keringkan dengan handuk lembut

Ganti celana dalam sehari dua kali

Pilih celana yang dapat menyerap keringat.

Pada saat menstruasi dianjurkan untuk sering-sering ganti pembalut terutama setelah selesai mandi maupun buang air kecil.

Cukur rambut kelamin secara teratur.

Info lebih lanjut Hubungi :

PKBI DIY

Jl. Taman Siswa, Gang Basuki no 558/MG II Surokarsan Jogja

Telp. 0274-419 709

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

komentar utk tulisan ku dong…

fuadhasyim di periode khalifah
Abdul Cholik di periode khalifah
dedekusn di Puasa
dedekusn di karya ilmiah 2

Hasil Karya Mr.Foe

Kumpulan Karya Mr. Foe

%d blogger menyukai ini: