Fuadhasyim’s Blog

observasi penerapan retorika

Posted on: Mei 29, 2009

RETORIKA
(Observasi Pola Berpidato Da’i)

HASIL OBSERVASI

1. Kamis 05 Maret 2009
A. Media : TV (Trans TV)
B. Acara : Cakrawala Iman
C. Pemateri : Ustad Amirudin
D. Tema : Pernikahan dalam Islam
E. Materi : Nikah Siri dalam Islam
F. Kritisi : Materi yang diangkat sebagi tema termasuk materi lama namun masih menjadi perdebatan dan kontroversi sehingga menarik untuk dibicarakan, format acara yang santai membuat penyampaian materi dari ustad berjalan dengan santai dan ringan serta edukatif, penyampaian materi mencangkup pada rkun dan syarat sah nikah dalam Islam, saat sesi pertanyaan berjalan lancer serta jawabannya sesuai dengan hal-hal yang ditanyakan meskipun jawaban tersebut kembali kepada materi pokok yaitu rukun dan syarat sah pernikahan dalam Islam.
G. Saran : Hendaknya dalam setiap menjawab dan memberikan materi disertakan dasar hukumnya, baik secara Al-Qur’an, As-Sunnah atau pun ijtihad, karena selama ceramah sangat sedikit ayat dasar hukum yang dibacakan
2. Jumat 06 Maret 2009
A. Media : Langsung, Tatap Muka
B. Acara : Khotbah Sholat Jumat pada Masjid Nurul Huda Surokarsan Taman Siswa
C. Pemateri : H. Muslimin
D. Tema : Menyambut Maulid Nabi
E. Materi : Melakukan perbuatan-perbuatan yang dicontohkan nabi meskipun sedikit, seperti bersilaturahmi dan melakukan ibadah dalam rangka mencari ridho Allah SWT
F. Kritisi : Tema yang dipakai termasuk tema yang terbaru karena dalam waktu dekat ummat Islam akan menemuni mauled Nabi, materi yang disampaikan mencangkup ajakan untuk mengerjakan amalan-amalan yang baik untuk mencari ridho Allah SWT. Namun dalam penyampaian materi pemateri sempat hening sejeak, ada pengucapan-pengucapan materi yang salah serta terlihat bahwa pemateri tidak menyiapkan diri sebaik-baiknya
G. Saran : kepada pemateri agar menyiapkan diri sebaik-baiknya, materi yang diberikan bisa ditambah dengan kejadian-kejadian terbaru sehingga bisa lebih menarik.
3. Jumat, 06 Maret 2009
A. Media : TV (ANTV)
B. Acara : Curhat Bareng Ustad
C. Pemateri : Ustad Taifiqurrahman
D. Tema : Penyakit Hati
E. Materi : Tentang tema penyakit hati ustad lebih menyoroti tentang sifat marah dan dendam, pemberian materi yang enak, dengan format acara seperti dialog dan diskusi, hal ini karena acara ini selain ustad dan presenter juga mendatangkan bintang tamu sehingga acara ini terasa lebih hidup, disamping itu ustad juga menyampaikan dasar Al-Quran dan Hadits sesuai dengan tema yang ada.
F. Kritisi : Penyampaian materi sudah runtut dan secara menyeluruh, dasar ayat dan hadits juga diberikan, namun yang masih kurang adalah pemberian contoh permasalahan sesuai dengan tema secara mendalam, pertama bisa dicontohkan kisah yang terjadi pada zaman rasululloh dan sahabat serta diberikan juga contoh studi kasus yang sesuai dengan materi.
G. Saran : Memberikan contoh-contoh kisah dan studi kasus yang sesuai dengan tema yang ada, namun secara keseluruhan penampilan ustad ini sudah bagus.
4. Sabtu, 07 Maret 2009
A. Media : TV (Global TV)
B. Acara : Cermin Hati
C. Pemateri : Ustad Jefri Al-Bukhari
D. Tema : Maaf Dari Surga
E. Materi : Berakhlaq mulia kepada seluruh ummat Islam khususnya remaja dengan cara mau meminta maaf atas kesalahan dan mau memaafkan dengan setulus hati atas kesalahan orang lain.
F. Kritisi : Bakcground acara ceramah ini adalah untuk ummat Islam dengan kekhususan remaja atau anak muda, sehingga pola penyampaian dari ustad yang dari awal kemunculannya terkesan gaul ini sesuai dengan maksud acara, pemberian materi dengan mengutamakan kisah atau mauidhoh khasanah dirasa cukup sesuai dengan segmen anak muda atau remaja yang dituju.
G. Saran : Meskipun background acara ini untuk anak muda, namun sebaiknnya dalam memberikan materi tidak hanya dengan dasar kisah atau mauidhoh khasanah saja namun juga dengan menyampaikan satu-dua dasar ayat Al-Quran-Haditsnya.
5. Minggu, 08 Maret 2009
A. Media : TV (Indosiar)
B. Acara : Mama & Aa’
C. Pemateri : Ustadzah Mama Dedeh
D. Tema : Sholat Istikharah
E. Materi : Materi yang diberikan seputar sholat istikharah, mulai dari pengertian sholat istikharah berdasarkan pendapat responden yang diwawancarai sebelum acaraberlangsung, kemudian baru dijelaskan oleh ustadzah meskipun sebenarnya penjelasan tentang sholat tersebut saya rasa kurang lengkap.
F. Kritisi : Penyampaian yang dilakukan saya rasa masih kurang enak didengar, meskipun format acara sudah diformat santai, namun saat saya melihat ustadzahnya memberikan materi saya merasa kurang nyaman, hal ini mungkin karena pemberian materi kurang lengkap dan tidak ada dasar ayat atau hadits yang jelas.
G. Saran : Hendaknya dalam penyampaian materi dipersiapkan dengan benar-benar matang, karena saya merasa penyampaian ustadzah kurang matang dan kurang menyeluruh serta belum adanya kejelasan dasar ayat Al-Quran dan Al-Hadits

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

komentar utk tulisan ku dong…

fuadhasyim di periode khalifah
Abdul Cholik di periode khalifah
dedekusn di Puasa
dedekusn di karya ilmiah 2

Hasil Karya Mr.Foe

Kumpulan Karya Mr. Foe

%d blogger menyukai ini: